Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Senin, 10 Oktober 2016

PROSES KOMUNIKASI PADA JARINGAN TELEPON DAN SELULAR







Disusun Oleh :
Muhammad Arif Abdurrahman


SMK NEGERI 1 SAMARINDA

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

TAHUN AJARAN 2016/2017

Kata Pengantar


            Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Proses Komunikasi pada jaringan telepon kabel seluler ini.
            Adapun makalah Proses Komunikasi pada jaringan telepon kabel seluler ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini. Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah ini.
            Alivi Nur Rosida, selaku Guru belajar, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Lab AK.
            Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah Proses Komunikasis ini kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.

Samarinda , 11 Oktober 2016


BAB 1

PENDAHULUAN


            Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang informasi maupun bidang pendidikan. Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.
            Makalah ini menjelaskan tentang Proses Komuikasi Pada Jaringan Telpon Kabel dan Seluler secara lengkap dan rinci ,semoga dapat bermanfaat.

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana Proses Komuikasi Pada Jaringan Telpon Kabel?
2.      Bagaimana Proses Komuikasi Pada Jaringan Telpon Seluler?

C.     Tujuan dan Manfaat

Tujuan :

1.      Untuk menyelesaikan tugas Guru pembimbing Mata pelajaran Komunikasi data
2.      Untuk Menambah Ilmu dan pengetahuan tentang Proses Komuikasi Pada Jaringan Telpon Kabel dan Seluler

Manfaat :

1.      Untuk Mengetahui bagaimana Proses Komuikasi Pada Jaringan Telpon Kabel dan Seluler
2.      Untuk Memahami bagaimana Proses Komuikasi Pada Jaringan Telpon Kabel dan Seluler








BAB 2

ISI


A.    Sekilas Tentang Komuikasi

            Proses komunikasi pada jaringan telepon sebenarnya sangat simple cuma memerlukan beberapa perangkat saja , pada pemikiran anda mungkin komunikasi tersebut sangat rumit dan sulit namun faktanya komunikasi ini sangatlah mudah.

B.     Proses Komunikasi (Telpon dan Seluler)

a.       Pertama telepon 1 akan mengirimkan pesan kepada telepon 2 , lalu di proses oleh BTS , bts yaitu peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara telepon pengguna dan telepon seluler,setelah itu BTS menyampaikan pesan ke BSC .
b.      BSC adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS itu .
c.       setelah itu BSC menyampaikan pesan pada MSC , MSC yaitu Mobile Switching Center merupakan pusat dari GSM system, pusat informasi, pusat pertukaran data,dan  pusat pengamanan data.
d.      Setelah itu MSC mengirimkan pesan tersebut kepada SMSC , SMSC atau sms center merupakan program yang memiliki fungsi utama untuk mengatur distribusi data dan informasi dengan format dan penulisan tertentu agar bisa mengeluarkan output dan keluar informatif sesuai dengan kategorinya.
e.       SMSC adalah proses terakhir dalam menstramisikan pesan tersebut. Setelah itu pesan di kembalikan ke MSC,BSC dan BTS untuk di sampaikan ke receiver yaitu telepon 2.

C.     Macam-macam komunikasi dalam jaringan telpon

            a. Jaringan telepon kabel

                        Cara Kerja Jaringan Telepon Kabel
Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel agar  berfungsi . Cara kerja telepon kabel antara lain:
1.            Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
2.            Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon
3.            Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasi
4.            Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima
5.            Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker


b. Jaringan telepon seluler (nirkabel)

 
                   1.  Cara Kerja Jaringan Telepon Seluler
Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.

2. Cara kerja telepon seluler wireless antara lain :
a.        Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
b.        Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat
c.        Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi
d.       Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima
e.        Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

D.    Perangkat Dari Komunikasi Dalam Jaringan Telepon

1.      BTS 
     peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara telepon pengguna telepoin seluler
2.      BSC Dari namanya (Base Station Controller)
     BSC adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS, tanpa BSC, BTS-BTS itu tidak dapat di gunakan untuk memproses data
3.      Mobile Switching Center, biasa disingkat MSC
     merupakan pusat dari GSM system, pusat informasi, pusat pertukaran data, pusat pengamanan, dan pusat segala-galanya. Kalo sebuah MSC down, maka seluruh area yg tercover oleh MSC itu tidak akan bisa melakukan panggilan atau pertukaran data.
4.      SMSC atau sms center 
     merupakan program yang memiliki fungsi utama untuk mengatur distribusi data dan informasi dengan format dan penulisan tertentu agar bisa mengeluarkan output dan keluar informatif sesuai dengan kategorinya






BAB 3

PENUTUP


A.    Kesimpulan
Telepon merupakan alat komunikasi  yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
B.     Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah ”Proses Komunikasi Pada jaringan Telepon Kabel Dan Wireless” Tentunya masih masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatas ilmu pengetahuan dan kurangnya informasi atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Kami banyak berharap kepada para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya Makalah ini dan kami penulis Makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga Makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca pada umumnya


Daftar Pustaka



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MY CREATIF HAND - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -